Kehebatan Mobil Obama


Mobil Presiden Barrack Obama
Mobil apa yang akan digunakan Obama saat berkunjung ke negeri ini pekan depan ?  Mobil kepresidenan AS terbaru adalah Cadillac Presidential Limousine yang dibuat General Motor sejatinya mobil ini mengambil sasis truk milik GM, sehingga kalau dilihat dari dekat akan terlihat janggal karena bentuknya sedan tapi tangkringannya  tinggi, bahkan hampir sama tingginya dengan si penumpangnya.  Pabrikan Cadillac memang sudah lama dipercaya sebagai pembuat mobil kepresidenan Amerika Serikat sejak presiden Woodrow Wilson,  Sampai sekarang tradisi sebagai limosinya presiden tetap dipegang Cadillac Presidential Limousine.
Cadillac sebagai pembuat mobil-mobil mewah seperti Cadillac CTS Sport Sedan dan SUV Escalade memang tidak punya jenis truk. Tapi karena General Motor  sebagai pemegang merek Cadillac mempunyai truk dari merek lain yaitu GMC Topkick sejenis truk pickup. Sebelum Barack Obama,  Goerge Bush Jr. juga dibuatkan mobil serupa oleh Cadillac yang dinamakan Cadillac Deville Presidential pada tahun 2001, Cadillac Presidential Limousine untuk tumpangan Barack Obama ini, tampilan depan mirip dengan Cadillac CTS Sedan yang diproduksi masal, terutama lampu depanya. Mobil yang  menurut pembuatnya adalah mobil anti mogok ini, menggunakan bodi full baja dan kaca anti peluru (standart mobil kepresidenan) juga menggunakan  ban  yang antipecah walaupun ditembak berkali kali karena  menggunakan jenis ban “run-flat tyre”  produksi Goodyear dan dipasangi pelek setebal 495 mm. Mobil yang oleh kalangan pasukan pengaman presiden  Secret Service dijuluki “ the Devil” ini sudah dilindungi dengan lapisan anti senjata biologis dan kimia, juga kebal terhadap serangat senjata roket dan bom pinggir jalan.

Guna melidungi penumpangnya,  lapisan baja pada bodi mobil inipun tak main-main yaitu  ada yang setebal 12,5 mm, bahkan pintunya pakai lapis baja setebal 20 milimeter! Plus kaca tebal anti peluru bahkan rudal. Untuk memboyong beban mobil full baja ini diperlukan mesin yang juga telah dimodifikasi seganas mungkin, dipakailah mesin monster truk milik GMC dengan kapasitas 6000 cc, yang sanggup memuntahkan tenaga segede 330 hp. Tapi resikonya konsumsi BBM menjadi sangat boros,  untuk jarak 100 km butuh 34 liter solar, atau setiap 1 liternya cuma bisa menempuh jarak 2,94 km. Memang mobil jenis ini bukan untuk perjalanan jarak jauh.Berdasarkan keterangan Guardian, mobil ini seharga US $ 300 ribu (Rp 2,7 miliar).
Saat perjalanan di dalam negeri, mobil ini menampilkan bendera Amerika dan bendera standarisasi presidental yang diterangi dengan lampu langsung di kap mobil. Namun, saat kunjungan kenegaraan di luar negeri, bendera presidental diganti dengan bendera negara yanag dikunjungi. Mobil mewah ini diterbangkan dengan US Air Force C-17 Globemaster III.  Mobil ini bisa diisi tujuh orang, termasuk presiden. Dua orang di kursi bagian depan bersama sistem komunikasi. Sebuah partisi kaca akan membagi bagian depan dan belakang mobil. Tiga kursi akan menghadap bagian belakang mobil dengan bantal yang dapat dilipat sebagai pembatas. Dua kursi lain disediakan untuk presiden dan penumpang lain. Sebagian besar rincian keamanan mobil ini dirahasiakan untuk alasan keamanan. Namun, mobil ini menggunakan lapisan besi kelas militer setidaknya setebal lima inci. Roda juga dilengkapi ketebalan khusus. Kaca juga didesain khusus sehingga cahaya tertentu tidak dapat memantul.
Mobil Raja Arab
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering sekali dilihat menggunakan Mercedes-Benz S600 keluaran 1994 yang dikelir baja anti peluru, yang sudah digunakan sejak tahun 1995 oleh Alm. Presiden Suharto. Dalam kondisi tertentu, seperti contoh ke luar kota atau banjir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering dilihat menggunakan mobil pribadinya, yaitu BMW X5 berarmor. Sejak awal tahun 2009, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 2008, dan mobil Mercedes yang lama dijadikan cadangan. Agaknya mobil kepresidenan Indonesia masih termasuk kelas mobil yang “biasa” , tidak tergolong mobil yang aneh2 seperti mobil milik raja raja Arab yang dilapisi emas dan platinum.

SUMBER :http://teknologi.kompasiana.com/group/otomotif/2010/11/05/kehebatan-mobil-obama/

Share on Google Plus

About DocdocProject

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar